Pages

Rabu, 28 September 2011

Membuat bootable flashdisk dan Backup dengan Norton Ghost


        Karena baru ada Notebook HP mini dikantor dengan sistem operasi windows, tapi belum ada backup sistemnya, jadi terpaksa utak-atik flashdisk buat njalanin tu notebook dari flashdisk. Kenapa harus dari flashdisk? mari kita tanyakan pada rumput yang bergoyang heheh.. IntinyaBackup sistem operasi dengan mengggunakan tool norton Ghost yang bisa di jalanin dari command, karena sistem yang mau di backup itu windows, jadi ngga bisa kalau njalanin tu ghost dari windows. Cukup basa-basinya. Siapin tool :
1. Tool buat bikin flashdisk bootable. Download disini, kemudian extrak dan jalanin hasil extrak seperti
gambar berikut
Description: Flashdisk
jika akan membuat backup dengan ukuran file gede, maka kita kita bisa menggunakan hardisk bisa untuk dijadikan sebagai USB Hardisk start up plus norton ghost. Ghost ini jalan under DOS, semetara DOS under FAT32 jadi formatnya harus FAT32. Karena FAT32 ngga bisa nyimpen 1file yang ukuranya lebih dari 3GB, maka nanti akan muncul beberapa file *.GHO. Dan pada saat pembuatan Image akan di kasih pertanyaan kalo ngga salah ditanya mo taruh dimana file image selnajutnya? klik aja OK.
2. Download system operasi DOS disini.
3. Extrak tuh DOS, kemudian isi kolom Using DOS filesystem located at isi dengan alamat dos yang tadi baru di extrak.
4. Tambahkan file Ghost.exe kedalam flash disk yang dapat disini.
Setelah selsai,coba perhatikan. Flashdisk memang tampak kosong, hanya ada 1 file Ghost.exe. Tapi kalau kita gunakan Program tuk lihat file system yang hiden, sebenarnya dsitu terdapat beberapa file yang digunakan oleh flashdisk supaya bisa jadi Bootable.
Selanjtunya adalah backup sistem windows tu notebook.
1. Booting dengan menggunakan flash disk. Cari settingan supaya bisa booting dari flashdisk di Bios. cari sendiri.
2. Kalau sudah berhasil booting dari flashdisk, periksa tu flashdisk ada Ghost.exe nya ngga? ketik :
c:/dir
3. Anggap aj dah ada, Ketik Ghost, kemudian akan muncul tuh ghost
Description: ghost01
3. Untuk membuat Backup silahkan  cari pilihan untuk buat ke image, yaitu to image
Description: ghost02
4. Jika hardisknya lebih dari satu maka akan muncul banyak pilihan. Tetepi karena hardisknya cman satu jadi ngga ada pilihan lainya seperti gambar berikut.
Description: ghost03
5. PilihDrive yang ingin di backup ( Primary atau Logical ) Untuk membackup Windows biasanya pilih yang primary dan ini tergantung dari windows tersebut berada di drive mana ? Primary atau logical –> OK
Description: ghost046. Tentukan Drive mana untuk menyimpan hasil dari backupan tersebut Beri nama pada file name exp : BackupSisstem — > click Save
Description: ghost06

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar